BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakangMasalah
Dalamkehidupansehari-hari, setiap orang pernahmengalami yang
namanyaantrian.Antriandimanaseseorangharusharusmenunggugiliranuntukmendapatkanjasapelayanan.Antriantersebuttimbulkaerenabanyaknyaindividu
yang membutuhkanjasapelayananpadawaktu yang bersamaan,
ebagaiakibatnyakonsumenharusmengantriuntukmenunggugiliran agar
mendapatkanpelayanan.Antrian yang sangatpanjangdanterlalu lama
sangatlahmembosankan, olehkarenaitu system antrianseharusnyadapatdirancangdenganlebihefisien.
Sistemantrian di
dalamkehidupannyataakandapatkitatemuisepertiantrianpadaloket-loket bank,
mobil-mobil yang mengantri di lampumerah, antriannasabah bank,
antrianpembayaranpajakkereta motor, antrianloket-loketpembayarantelepon,
antrianlokt-loketpembayarnlistrik, antrianparapengunjungtamanhiburan,
antrianpasien-pasien yang menunggupanggilanuntukmengambilobat di loketobat,
antrianpenontonpadagedungbioskop, antrianmobil-mobil di tempatpembayaran told
an masihbanyaklagicontohlainnya. Beberapapenyimpangandalamrangkaiansistemantrianakandapatdihindariapabilamemahamidenganbenarteoriantrian,
sehinggadesainpelayanan yang memadaiakandapatditerapkandengandasar yang
kuatdanterpecaya.
Antrian yang sangatpanjangdanterlalu lama
untukmendapatkangiliranpelayanmemangsangatmenyebalkandanmembosankansertadapatjugamerugikanpelangganaikdarisegiwaktumaupundarisegibiaya,
olehkarenaitusistemantrianseharusnyadapatdirancangdenganlebihefisiendanseefektifmungkin.Sebenarnyasistemantrianinidapatdirancanglebihcepatdanefisiendenganmenggunakanteoriantrian.
Sistemantrian yang
seringterjadidankitajumpaidalamkehidupansehari-harisangatbanyak,
makadalampenulisanilmiahinipenulistertarikuntukmembahasmasalahantrian di PembayaranRekeningListrik.Dan
berdasarkanuraian di atasmakapenulismengambiljudul “ANALISI ANTRIAN PMBAYARAN
REKENING LISTRIK DI PERUMNAS TIGA KECAMATAN BEKASI TIMUR”.
1.2 RumusanMasalahdanbatasanmasalah
1.2.1
RumusanMasalah
Adapun yang
menjadirumusanmasalahdaripenulisanilmiahiniadalah :
1. Bagaimana proses
Antrianpadaloketpembayaranrekeninglistrik di PerumnasTigadenganmenggunakanmetodeAntrianMulti
Channel - SinglePhasepadaharikerja.
2. Berapajumlahloket yang harus
di operasikan agar pelayanandapat optimal.
1.2.2
BatasanMasalah
Batasanmasalahpadapenulisaniniadalah
proses antrian yang terjadipadapembayaran
rekeninglistrikyang
terjadipadapembayaranrekeninglistrikdenganmenggunakanmetodeMulti Channel -
Single Phase di loketpembayaranrekeninglistrikselamasatuminggupadabulan April.
1.3 TujuanPenelitian
Adapun yang
menjaditujuandaripenulisanilmiahiniadalah :
1. Untukmenganalisisantrian yang
terjadipadaloketpembayaranrekeninglistrik.
2. Untukmenentukanjumlahloket
yang harus di operasikanpadasetiapharikerja.
1.4 ManfaatPenelitian
1.4.1
BagiAkademis
Dapatmengetahuibagaimana
proses antrian yang terjadipadapembayaranlistrik di PerumnasTigadenganmetodeMulti
Channel - Single Phase.
1.4.2
BagiPeneliti
Hasilpenulisaninidapatdigunakansebagaibahanpembandingdalammengenaimasalah-masalahsejenis.
1.4.3
BagiPerusahaan
Dari
hasilpenulisaniniperusahaandapatmengetahuibagaimanamengotimalisasikanpelayananpembayaranrekeninglistrik.
1.5 MetodologiPenulisan
1.5.1
ObjekPenelitian
PenelitiandilakukanpadaPuskesmasKecamatanPenjaringan
yang berlokasi di Jl. Teluk
Gong Raya No.12
Jakarta Utara. Dalamhalini yangmenjadiobjekpenelitianadalahparapasien yang
mengantri di loketpengambilanobatpadaPuskesmasKecamatanPenjaringan.
1.5.2
Data/Variabel
Dalampenelitianini variable
yang ditelitiadalah
1.
tingkatkedatangan rata-rata pasien (
).

2.
waktupelayanan rata-rata (1/
).

3.
Rata-rata jumlahpelanggan (n).
4.
jumlahfasilitaspelayan (S).
1.5.3MetodePengumpulan Data
Di
dalampeyusunanpenulisanilmiahinipenulismemerlukansumber-sumber data yang
eratkaitannyadenganjudulpenulisanini.Adapunmetodepenulisan yang
digunakanadalahsebagaiberikutini :
1. StudiPustaka
Teknikpengumpulan data di
dapatdarireferensibuku, dari internet dengancaramendownloaddan browsing.
2. Studilapangan
Wawancarayaitudenganmendatangidanmengajukanpertanyaanpadasalahsatukaryawanuntukmendapatkan
data.
0 komentar:
Posting Komentar